Minggu, 29 Mei 2011

e-KTP Bogor Jawa Barat

Jawa Post National Network
JABODETABEK Senin, 04 April 2011 , 05:02:00 Persiapan  e-KTP tak Maksimal, Dewan Gelisah BOGOR – Pemberlakuan kartu tanda penduduk elektronik ( e-KTP) pada 2012, membuat Komisi A DPRD Kota Bogor gelisah.
Sebab, Pemkab Bogor kurang maksimal mempersiapkan pemberlakuan tersebut. Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor, Maman Herman mengatakan, dari hasil pertemuannya dengan pihak kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beberapa waktu lalu, diketahui bahwa hingga saat ini belum pernah ada pembicaraan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terkait program tersebut. Padahal, kedua instasi ini yang memegang tanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan e-KTP. “Dulu katanya sudah ketemu, tapi ketika ditanya sata per satu ternyata Kominfo mengaku belum ada pembicaraan. Hal ini sangat menghawatirkan, karena waktu hanya tinggal delapan bulan lagi,” kata Maman Kepada Radar Bogor (JPNN Group) Karena itu, Maman berencana akan mempertemukan kedua instansi pemerintah tersebut untuk mempersiapkan e-KTP secepatnya.
Apalagi, ada informasi utusan dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri) akan datang ke kota hujan khusus untuk mengecek persiapan e-KTP. “Jangan sampai dicek ternyata kita belum apa-apa. Itu akan sangat memalukan,”tegasnya. Selain itu, lanjutnya, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai anggaran yang akan digunakan. Pasalnya, untuk mengaplikasikan e-KTP akan menyedot anggaran yang sangat besar. “Yang jelas, sumber utamanya belum ada. Apakah dari Depdagri atau dari Pemkot.
Namun yang jelas, persiapannya harus dilakukan sesegara mungkin karena penetapan waktu berlakunya sudah ada,”tambah Maman. Apa pun kondisinya, Maman mengaku akan mendesak pihak-pihak terkait untuk secepatnya melakukan persiapan. Seperti pemuktahiran data di Disdukcapil dan persiapan perangkat teknologoi informatikanya. “Jangan main-main lagi.
Selagi ada kesempatan harus dimanfaatkan. Karena  e-KTP akan sangat membantu terutama untuk pemilu dan yang lain-lainnya,” pungkas Maman. (leo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar